Friday, August 26, 2016

Fungsi Karburator Cara Menyetelnya dan Sejarah Karburator

Saya akan memberi ilmu apa Fungsi karburator,cara menyetelnya dan sejarahnya, pasti sudah tau kan karburator itu apa hehe yang punya motor di bawah 2011 pasti motor tersebut menggunakan karburator beda dengan 2012 sampai sekarang tidak lagi menggunakan karburator tersebut karna sudah di gantikan dengan injeksi hehe maka dari itu kita harus apa itu fungsi karburator dan sejarahnya.
Karburator diatas adalah contoh hehe yaitu karbulator mio tetapi saya menjelaskan semua karburator. Karburator merupakan bagian dari mesin yang berfungsi dan bertugas dalam sistem pengabutan pemasukan bahan bakar ke dalam sillinder. Proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder dinakan karburasi, sedangkan alat yang melakukannya dinamakan karburator yah gan.
Fungsi pertama karburator:
1. Untuk mengatur udara dan bahan bakar kedalam saluran isapnya.
2. Untuk mengatur bahan bakar dan udara masuk secara merata.
3. Untuk Mengatur perbandingan bahan bakar udara
4. Untuk Mengatur berbagai beban kecepatan motor.

Maka dari itu akan dijelaskan bagian karburator beserta fungsinya:
A. Klep jarum pelampung (floatervalve)
Yaitu berfungsi sebagai mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
B. Jarum skep/jarum gas (needle jet)
Yaitu berfungsi sebagai mengatur besaranya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
C. Skep/katup gas (throtle valve)
Yaitu berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
E. Pelampung Karburator (floater)
Yaitu berfungsi mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk karburator.
F. Mangkok karburator (float chamber)
Yaitu berfungsi sabagai penyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan.
G. Pemancar jarum (main nozzle/needle jet)
Yaitu berfungsi sebagai memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
H. Pemancar kecil/stationer (slow jet)
Yaitu berfungsi sebagai memancarkan bahan bakar waktu lamsam.
I. Pemancar besar (main jet)
Yaitu berfungsi memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh.
J. Katup cuk (choke valve)
Yaitu berfungsi sebagai menutup udara luar yang akan masuk kedalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.
K. Sekrup udara/baut udara (air screw)
Yaitu berfungsi sebagai mengatur banyaknya udara yang akan tercampur dengan bahan bakar.
L. Sekrup gas/baut gas (trhottle screw)
Yaitu berfungsi sebagai menyetel posisi skep sebelum di gas.

Karburator cara kerjanya di mulai dari mesin di hidupkan dan saat mesin di hidup kan mesin menghisap udara luar masuk melalu karburator tersebut, karena kecepatan udara yang masuk spuyer kecilnya maka tekanan udara dipermukaan saluran masuk rendah sehingga bahan bakar memancar melalui spuyyer kecilnya tersebut. Maka campuran bahan bakar dan udara menghasilkan gas yang nantinya akan di bakar didalam silinder tersbut.

Kendala yang akan di hadapi saat menyetel langsam :

1. Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold.
2.  Mesin tersedat-sedat.
3. Knalpot nembak-nambak setelan gas ditarik.
4. Putaran mesin turun lama.
5. Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udaranya.
6 Periksa per skep mungkin sudah lemah.
7. Periksa kedudukan jarum skep dan skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik.
8. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik dan benar.
9. Periksa kemungkinan bebas bahan bakar bensin bercampur dengan air mineral/hujan.
10. Periksa ttidak ada kerusakan pada seal karet pada setaln anginnya, dengan membuka dan melepas skrep setelan angin dari karburatornya.
11. Ukuran main jet dan slow jet tidak berubah (sesuai standar) apabila tidak sesuai maka bisa susah langsam karena campuran bensin tidak tepat.
12. Periksa dan pastikan bahwa sekrup setelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada setelan tidak patah).
Nah itu adalah kendala yang akan di hadapi saat menyetel maka dari itu harus di perhatikan betul dan di cermati betul betul.

Cara Menyetel Rpm :

- Panaskan motor tersebut kurang lebih ya 1 menitan lah.

- Putaran penyetelan langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah.

- Menyetel skrep udara ada dibagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat obeng kecil min (-).

- Besarnya stelan angin tersebut adalah kurang lebih antara 1,2 - 3 putaran lah.(putar kekanan mentok putaran 360 derajat dan kembalikan ke kiri sampe ketemu mesin yang paling stabil yah.

- Setelah itu kembalikan kecikan RPMnya dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 - 1300 RPM saja dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometernya.

SEJARAH DAN PENGEMBANGANNYA

            Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipantenkan tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama janos Csonka dan Donat Banki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, yaitu inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator tersebut pada mobil buatan inggris. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya menggunakan mobil perama yang menggunakan bahan bakar bensin di inggris, bersilinder tungal bertenaga 5 hp (4 KW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution). Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersbut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horizontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur panjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif.
            Karburator umunya digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin sob sampai akhir 1980an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh injeksi pada jaman sekarang karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakarnya.

Nah sekian dari ototar.blogspot.com jika ada salah kata-kata mohon maaf bila ada yang kurang atau menjanggal bagi kalian silahkan koment saja TERIMA KASIH semoga betah di blog kami sekian dari admin.

0 komentar

Post a Comment